Oleh: dgtola | 13 Agustus 2011

indosatm2 vs xlunlimited, telkomflash juga

Selamat tinggal indosatm2. Saya sekarang pindah ke xlunlimited. Tentunya dengan banyak pertimbangan. Yang jelas saya mulai cari2 yang lain sewaktu indosatm2 mulai ngadat-ngadat. Kalo dulu setiap orang bertanya, ‘koneksi internet paling bagus pake kartu apa?’ saya selalu rekomendasikan indosatm2, tapi sekarang mau tidak mau harus saya bilang ‘sy sekarang pake xlunlimited, dijamin puas!’.

Beberapa perbandingan (ini di t4 saya, tidak jamin di t4 Anda, tp dicoba saja):

Tarif bulanan, saya pake  im2  Rp.100rb/bln lumayan lama, dari pertama sekali dilahirkan. Xlunlimited juga Rp.99rb/bln. Hanya selisih Rp. 1.000,-.

Kartu perdana, im2 harus pake kartu khusus im2, tidak mudah didapatkan, harganya kalo tidak salah melebihi nilai iuran bulanannya. Kalo Xl, cukup dengan kartu xl biasa saja, tidak ada kartu khusus, saya belinya Rp. 3.000,-.

Kecepatan koneksi, saya samakan saja deh, tapi kalo harus memilih, sy pilih xl untuk saat ini.

Kecepatan setelah melebihi kuota, im2 sangat payah dan mengecewakan. Kalo Xl masih stabil untuk digunakan berame-rame termasuk download apa saja.

Konfigurasi n setting, im2 masih pake username dan password (ribet bagi pemula). Xl tidak pake username n password, cukup apn saja ‘xlunlimited’, jadi lebih praktis.

Perpanjangan tiap bulan, im2 lebih ribet juga dibandingkan dgn XL.

Aktivasi, jelas Xl jauh lebih sederhana.  Cukup kirim sms  dengan pesan ‘XLIB30’ dan kirim ke 868 untuk paket bulanan, dan ‘XLIB1’ untuk harian (tanpa tanda petik).

Cakupan area, baru-baru ini saya jalan ke daerah… sy masih dapat online sepanjang jalan pake xl. Kalo pake indosatm2, sptnya tidak yakin dapat.

Satu lagi, baru-baru ini sy didatangi teman yg masih pake im2. Ternyata im2 sekarang sudah berubah APN menjadi ‘indosat’ saja (tanpa tanda petik). Untuk proses migrasi itu, setting dan konfigurasinya ternyata tidak semudah yg saya bayangkan. Kirain hanya ganti APN sj cukup, ternyata tidak! Ada beberapa tahapan jika gagal dgn cara I, hars dgn cara ke II, ke III dan seterusnya. Pantas ini teman bela-belain datang ke rumah, habis tarwih lagi!

Kalo telkomflash, mendingan indosatm2. Telkomselflash ini 11..12 dengan 3-nya Man.United.

Selamat berInternet yang sehat.


Tinggalkan komentar

Kategori