Oleh: dgtola | 25 April 2009

PHP, sebuah pendahuluan

PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor. Merupakan bahasa pemrograman script di sisi server (server-side), script yang ditempatkan pada server dan diproses juga pada server, sedangkan client hanya tinggal menerima hasil pemrosesan tersebut.

PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, sejak awal didesain untuk membentuk sebuah web yang dinamis. Situs resmi PHP ada di http://www.php.net.

pengembang awal PHP, Rasmus Lerdorf

Dengan semangat open source, maka PHP juga berstatus FREE sebagaimana dengan sistem operasi Linux. PHP juga dapat lintas platform; dapat ditanamkan pada hampir semua sistem operasi seperti Linux, FreeBSD, Ms. Windows, dan lain-lain.

PHP mungkin adalah bahasa scripting paling populer di web. Dengan PHP, Anda bisa melakukan hal-hal seperti membuat halam username dan password login, membuat halaman  formulir, membuat forum, galeri foto, survei, dan masih banyak lagi yang lain.

Mungkin Anda sudah pernah mendengar bahasa scripting lainnya seperti ASP, Cold Fusion, Perl dan Python; Anda tidak perlu tahu salah satunya untuk mempelajari PHP. Bahkan, jika Anda  tidak memiliki pengalaman pemrograman sama sekali😎, yang diperlukan hanyalah kemampuan logika Anda yang senantiasa harus diasah.




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: